Stimulasi Anak Dengan Ranch Adventure



Stimulasi Anak Dengan Ranch Adventure







Akhir pekan ini kami berkesempatan mengunjungi Ranch Adventure yang disediakan oleh Dancow di swalayan ADA Setiabudi Banyumanik. Selain menemani anak-anak seseruan bermain, kami sekaligus mendapatkan tambahan ilmu parenting dari pakarnya.

Dokter Sudjatmiko membuka sesi. Bicara tentang kesehatan anak.
Anak kita tak hanya harus sehat secara fisik, tetapi juga punya psikososial yang bagus, percaya diri, komunikatif dan berperilaku baik.

Untuk memperoleh fisik yang baik,antara lain dengan:

1.Nutrisi lengkap seimbang, sehingga otot, otak, pencernaan, tulang dll fisiknya bagus.
2. Cegah penyakit, melalui imunisasi dll.
3.Banyak bergerak, sehingga anak tidak main gadget saja supaya sehat kuat dan trampil.

Untuk mencapai psikososial yang baik

1. beri contoh pada anak sambil main interactive, beri simulasi
2. beri dorongan dan pujian


Dokter Soedjatmiko menyampaikan bahwa masa seribu hari pertama atau periode emas dalam kehidupan si Kecil adalah periode terpenting. Sebab hal tersebut kritis, sensitif dan tidak dapat diulang kembali. Pada periode ini apa yang telah ditanamkan pada si Kecil secara fisik dan psikologis akan mempengaruhi proses pertumbuhannya sampai ia dewasa nanti. Jadi orang tua berperan penting dalam memenuhi tiga kebutuhan dasar yaitu perlindungan, stimulasi dan fisik serta kasih sayang untuk memastikan tumbuh kembang si Kecil. Asupan nutrisi yang baik akan memenuhi kebutuhan fisik si Kecil dan membantu mereka untuk mencapai tumbuh kembang yang optimal. 1000 hari pertama anak menentukan masa depan, jadi timbang, ukur, lihat grafik dan perhatikan terus apakah kemampuan sudah sesuai dengan umurnya atau belum. Jangan sampai ketinggalan. 




Nutrisi dan stimulasi yang tepat serta berkelanjutan dibutuhkan untuk tumbuh kembang optimal si Kecil, Selain nutrisi yang akan memberikan perlindungan, mengajak anak bermain untuk mendorong stimulasi serta memberikan kasih sayang dapat membantu membentuk anak yang sehat, cerdas, kreatif, inovatif dan mandiri. Berani ngacung di sekolah adalah contoh psikososial anak telah berkembang dengan baik. 


Mbak Shahnaz sebagai MC sekaligus moderator memberi apresiasi pada media dan blogger yang punya peran besar untuk ikut memberi tahu orang tua di mana saja, tentang pentingnya nutrisi, pendidikan dan stimulasi bagi anak-anak generasi penerus bangsa ini. 


Supaya otak siap di-stimulasi, berikan dia nutrisi yang seimbang dan sesuai yang dibutuhkan. Jangan biarkan anak mojok sendiri, ajak bicara. Beri Contoh Ibadah dan contoh bicara Santun. Dari bangun sampai tidur, setiap hari. Beri juga kebebasan anak untuk bereksplorasi. Jangan mahal untuk memberikan pujian agar anak terdorong lagi untuk berbuat baik dan berkreasi. 



 Nara sumber berikutnya, Ahli Gizi Sari Sunda Bulan, AMG mengungkapkan bahwa asupan nutrisi yang seimbang dan sesuai tahapan usia akan bekerja dengan efektif dalam tubuh anak. Pilihan nutrisi yang tepat dapat melengkapi kebutuhan si Kecil secara menyeluruh untuk mendukung tumbuh kembangnya. 
Anak bertambah umur tambah besar, demikian juga dengan berat dan tingginya. Dia butuh protein untuk pembentukan sel tubuh, Kalsium dll. Masa pesat pertumbuhan jangan sampai terganggu. Harus benar variasi makanan. Karena itu kita memang harus sudah siap sebelum punya anak.

Dari minggu ke 3 dan seterusnya. Minyak ikan, Dha, LA, ala, taurin dll nutrisi yang dibutuhkan, musti diberikan.

Anak juga butuh perlindungan. 80% system daya tahan tubuh ternyata ada di system saluran cerna. Jadi berikan cukup serat, probiotik, vitamins, minerals. Probiotik adl microorganisms hidup yang ketika diberikan dlm jumlah cukup baik untuk tubuh. Memang anak-anak kadang tidak mau makan sayur, ikan dst. Tapi jangan bilang susah dalam hal memberikan nutrisi seimbang bagi anak ini, tapi anggap ini sebagai tantangan. So,buatlah perencanaan menu sampai dengan masaknya dengan memperhatikan tumpeng gizi seimbang. Garam, gula, Minyak, lemak juga tidak boleh banyak-banyak.  Perhatikan juga bahwa anak kecil lambungnya terbatas, jadi sayurnya dipotong kecil dan buatlah menarik.  Perhatikan dan ajari cara cuci tangan, karena ini bisa mengurangi batuk pilek
Berikan Susu 2 gelas sehari. Manfaatkan My plate planner, dengan menggunakan ukuran si kecil.
Buat jadual makan sebagai ritual, supaya lambung sempat kosong untuk menyerap makanan. Monitor selalu.  Berikan Asi eksklusif 6 bulan, dan tidak perlu tambahan supplements kecuali bagi yang kurang gizi. Setelahnya beri susu dengan selalu memperhatikan kemasannya, expired date, Komposisi nilai gizi, Jumlah sajian, Persentase akg-nya. Paling gampang mengejar berat badan, karena kalau tinggi badan dipengaruhi gen orang tua. 
Susu sumber protein, mudah kena bakteri, jadi harus disimpan dengan baik, di tempat kering. Hati hati ambil susu, jangan sampai tercemar kena sendoknya yang telah tersentuh air. 

Fakta bahwa 80% sistem daya tahan tubuh terletak pada saluran cerna, jadi kita butuh nutrisi untuk membantu perlindungan yang dapat diperoleh dari berbagai sumber seperti Lactobacillus rhamnosus, Bifidobacterium longum, serat pangan inulin serta nutrisi penting lainnya.




Mbak vera, psikolog, menjadi pemateri berikutnya. Beliau bicara tentang cinta sejati yang bisa jadi modal kita untuk memberikan yang terbaik untuk anak agar ia sehat, gembira, dapat eksplorasi optimal dan mandiri. Jangan karena kita tak ingin anak susah kayak kita dulu, kita kemudian malah manjain. Karena ini malah tidak bijaksana. Berikan yang dibutuhkan bukan yg dimaui, apalagi yang enak enak saja. 
Psikolog Vera Itabiliana Hadiwidjojo, Psi menambahkan bahwa Cinta adalah berani memberi ruang kepada si Kecil untuk berusaha bangun saat ia terjatuh agar dapat belajar berjalan dan akhirnya berlari mengejar cita-citanya. Perlindungan yang baik akan membantu kita para orang tua memastikan tumbuh kembang si Kecil agar ia dapat bereksplorasi namun tetap terlindungi. So, beri si Kecil kepercayaan dan kemandirian agar ia berani bereksplorasi dan belajar mengenal sesuatu yang baru, sehingga ia menjadi si Kecil yang tangguh. Cinta Ibu adalah bekal terbaik untuk si Kecil di masa depannya.

Sebagai penutup talkshow yang dipandu mbak Shahnaz Haque, ada Head of Corporate Communication PT Nestlé Indonesia yaitu mbak Nur Shilla Christianto. Dia menyampaikan bahwa Nestlé DANCOW percaya bahwa proses tumbuh kembang si Kecil harus dilakukan secara holistik dan pemahaman akan aspek penting nutrisi inilah yang melatarbelakangi peluncuran Nestlé DANCOW Excelnutri+. Sehingga mereka terus berinovasi untuk menyediakan kebutuhan nutrisi sesuai dengan tahapan tumbuh kembang si Kecil. Kami ingin memastikan anak Indonesia dapat bereksplorasi dan siap berpetualang tanpa perlu khawatir karena adanya asupan nutrisi yang tepat untuk melindungi mereka. Penyempurnaan nutrisi Nestlé DANCOW Excelnutri+ merupakan komitmen Nestlé DANCOW 1+ untuk turut mewujudkan anak Indonesia yang lebih sehat.

Rupanya Nestlé DANCOW 1+ yang memahami bahwa aspek penting dari pola asuh adalah nutrisi dan stimulasi, launching inovasi terbaru mereka. Nestlé DANCOW Excelnutri+. Hadir dengan tiga keunggulan nutrisi untuk membantu menjaga saluran cerna, membantu proses belajar si Kecil dan pertumbuhan fisik.



Dan untuk membantu orang tua agar si Kecil dapat belajar dan bereksplorasi, Nestlé DANCOW Excelnutri+ menghadirkan Ranch Adventure, sebuah area bermain berbentuk peternakan di Semarang yang didesain untuk memberikan stimulasi pada semua panca indera (melihat, mendengar, menyentuh, mencium dan merasakan). Hal ini untuk mendukung keterampilan sensorik motorik, keterampilan dalam berkomunikasi, sosial-emosional, kemandirian, kognitif dan kreativitas si Kecil.

Kegiatan yang bekerjasama dengan ADA Swalayan ini diselenggarakan di ADA Setiabudi dari tanggal 26-27 September dengan luas area permainan 200 meter persegi. Semarang merupakan kota ketiga diselenggarakannya Ranch Adventure, setelah kegiatan serupa sukses diselenggarakan di Jakarta dan Yogyakarta. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian kampanye nasional Nestlé DANCOW Excelnutri+ Ranch Adventure yang juga akan dilaksanakan di Makassar, Medan, Surabaya dan kembali ditutup di Jakarta.

Ranch Adventure menampilkan lima aktivitas seru yang terdiri dari Animal Petting, Fishing Area, Milking Cow serta Pony Riding yang mengajarkan si Kecil untuk berani berinteraksi serta berempati terhadap hewan. Ada pula aktivitas Puzzle dan yang akan mengasah memori serta keberanian si Kecil dalam menyelesaikan masalah dan juga membangun kekompakan serta interaksi antara orang tua dan si Kecil. 

Ranch Adventure juga menyediakan area konsultasi agar para orang tua dapat berkonsultasi mengenai tumbuh kembang si Kecil dengan para ahlinya.

Cinta Ibu yang diwujudkan melalui asupan nutrisi dan stimulasi yang tepat dapat mengoptimalkan masa depan si Kecil. Melalui perlindungan dari dalam yang terdapat dalam DANCOW Excelnutri+ dan penyelenggaraan Ranch Adventure,   si Kecil dapat bereksplorasi serta hubungan dan momen dengan orang tua akan semakin kuat sehingga dapat mewujudkan anak Indonesia yang tangguh dan kreatif. 







6 komentar:

  1. Asik dan seru mainnya ya, mbak... itu napa malu-malu jadi cowboy-nya :)

    BalasHapus
  2. Mba Dian Nafi sampe bela2in ngebis dari Demak, tapi terbayarkan dengan keseruan hari itu ya mbaaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. besoknya langsung pijet-pijet semua maaaak :D

      Hapus
  3. Baru liat foto putra dan putri mba dian Nafi euy...cakepnyaa

    BalasHapus

Adbox

@diannafi